Daerah Featured

Pemprov Bengkulu Gelar Pembinaan Pengelolaan DD di Bengkulu Utara

Pemprov Bengkulu Gelar Pembinaan Pengelolaan DD di Bengkulu Utara

Bengkulu Utara, GC – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, bersama Kejaksaan Tinggi, Polda dan BPKP melaksanakan kegiatan pembinaan Pengelolaan Dana Desa untuk seluruh Kepala Desa di Kabupaten Bengkulu Utara.

Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Bengkulu, RA Denni, SH, MH, selaku mewakili gubernur Bengkulu dalam acara Pembinaan Pengelolaan DD yang berlangsung di Aula SD Model Kecamatan Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, mengatakan, tujuan kegiatan ini  untuk mengingatkan kepada seluruh Pemerintah desa se Provinsi Bengkulu agar tertib sesuai dengan aturan dalam mengelola DD.

“Kegiatan ini untuk memahami proses perencanaan sebelum pencairan dana kegiatan desa. Jangan sampai ada masalah ke depannya, karena saat ini Pemerintah desa sebagai pengelola DD selalu menjadi fokus perhatian terutama dari masyarakat umum” jelas Kadis PMD Provinsi Bengkulu, Senin (21/3/2022).

Senada apa yang dikatakan oleh Kepala Dinas PMD Kaupaten Bengkulu Utara, Budi Sampurno, ketika dikonfirmasikan media ini setelah usai acara kegiatan pembinaan pengelolaan DD di ruang aula SD model.

“Denag adanya kegiatan ini, tentu kedepannya kecil kemungkinan terjadi permasalahan dalam mengelola DD,” ujar Budi Sampurno.

Sementara, Kepala Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu, Iskandar Novianto,M.Si, Ak dalam kegiatan ini juga menjelaskan, keterlibatan pihaknya tentu dibidang pengawasan lantaran dana desa yang dialokasikan pemerintah selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Selain alokasi yang besar, lanjut Iskandar Novianto, aspek pengawasan dana desa harus ditingkatkan. Apalagi, menyusul adanya kebijakan penggunaan dana desa minimal 40 persen untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Tujuan dari Kegiatan ini menunjukan, bahwa pihak pemerintah dan pihak BPKP ada tanggung jawab kepada masyarakat, salah satunya dalam segi pengawasan,” pungkas Budi Sampurno.

Dari pantauan, Kegiatan ini terlihat dihadiri Bupati Bengkulu Utara, Ir.H.Mian, Ketua DPRD Sonti Bakara, Plt Inspektur Inspektorat Bengkulu Utara, serta seluruh Kepala Desa dan Camat yang ada di Kabupaten setempat. (Ben/Adv)

Related posts

2 Pelaku Jambret Di Arga Makmur Sudah Di Ringkus Oleh Polisi

Beni Irawan

Bawaslu dan Gakkumdu Hentikan Kasus 3 Orang PNS Bengkulu Utara

Beni Irawan

Soal Aset Hilang Rp 610 Miliar,Syaprianto Daud Minta Aparat Penegak Hukum Menindaklanjutinya

Beni Irawan

Leave a Comment