Daerah Featured

Jalan Provinsi di BU Banyak Rusak, Pemkab Surati Gubernur

Jalan Provinsi di BU Banyak Rusak, Pemkab Surati Gubernur

Garuda Citizen – Bupati Bengkulu Utara, Ir.H.Mian kerap kali disambati masyarakat setiap menghadiri kegiatan di wilayah setempat. Hal ini dipicu oleh kondisi jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Bengkulu di Kabupaten Bengkulu Utara banyak yang rusak parah.

Menyikapi banyaknya jalan Provinsi di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) yang menjadi keluhan masyarakat lantaran sudah banyak mengalami kerusakan. Ternyata Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara (Pemkab BU) telah berulang kali mengirim surat kepada Gubernur Provinsi Bengkulu.

Berikut isi surat Bupati kepada Gubernur :

Menyusul surat kami terdahulu yang kesekian kalinya (terakhir dengan Surat Nomor 620/1742 tanggal 13 Maret 2023 perihal Perbaikan Jalan Provinsi di Kabupaten Bengkulu Utara) bersama ini kami menyampaikan data ruas jalan selama 6 (enam) tahun terakhir yang penanganannya belum optimal sebagai berikut :

1. Ketahun – Napal Putih

2. Kerkap – Tanjung Agung Palik – Lubuk Durian, Tanjung Agung Palik – Gunung Selan – Giri Mulya, Giri Mulya – Atas Tebing (Atas Lebong)

3. SP.4 Gunung Selan – Lais 4. Lubuk Durian – Tanjung Raman (Ujung Jalur Dua

5. D6 Ketahun – Giri Mulya (Rincian Terlampir) Total Panjang ruas jalan kewenangan Provinsi di Kabupaten Bengkulu Utara ±358,18 Km setara dengan 26,92% total jalan kewenangan Provinsi Bengkulu.

Selama periode 6 (enam) tahun terakhir secara praktis, ruas jalan dimaksud belum ditangani dengan baik sehingga keluhan masyarakat bertahun – tahun tidak bisa terakomodir. Kondisi dimaksud menyebabkan biaya ekonomi tinggi dan menjadi pemicu utama kecelakaan lalu lintas. Untuk itu kami berharap penanganan ruas jalan tersebut tidak harus menunggu realisasi jalan Instruksi Presiden (Inpres) dari pemerintah yang sampai saat ini belum ada kejelasan/tindak lanjut.

Dengan ini kami juga berharap, manakala terdapat SILPA APBD Provinsi bisa diprioritaskan untuk dialokasikan pada penanganan infrastruktur jalan yang sudah terlalu parah melalui perubahan APBD Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran 2023.

Demikian penyampaian dan permohonan kami agar menjadi perhatian serius dan dapat ditindak lanjuti pada tahun angaran 2023. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Dari Hasil Pantauan, Jalan Milik Provinsi Saat Ini Memang Benar-Benar Parah

Berdasarkan pengamatan media ini ke lapangan, Jum’at (14/07/2023). Kerusakan jalan provinsi di wilayah Kecamatan KERKAP – TANJUNG AGUNG PALIK – LUBUK DURIAN menuju ke Kecamatan kota Arga Makmur,  memang kurang membahagiakan atau membahayakan pengguna jalan jika tidak hafal medan.

Banyak jalan bergelombang dan berlubang. Tampak beberapa titik bekas tambal sulam aspal. Sedangkan arus lalu lintas tergolong padat, sering dilalui kendaraan bertonase besar.

“Sudah bertahun tahun jalan ini rusak. Adapun dilakukan perbaikan hanya ditambal sulam saja, bagusnya sepotong-sepotong. Satu bulan ya bodol lagi tambalannya. Apalagi sekarang musim hujan. Kalau tidak hati hati khawatir jatuh. Yaa semoga bisa segera diperbaiki Pak Gubernur Bengkulu. Apalagi sekarang Pemkab Bengkulu Utara juga sedang getol membangun jalan kabupaten, biar imbang lah. Masak Kabupaten sedang giat membangun, Pemprov nya kurang greget. Harapannya 2023 ini bisa mulus semua,” ungkap Su’ut, salah seorang pengguna jalan.

Berikut Rincian Jalan Kewenangan Pemprov Bengkulu di Kabupaten Bengkulu Utara :

  1. Jalan Kerkap – Tanjung Agung Palik – Lubuk Durian, dengan panjang ruas jala 19,690 KM
  2. Jalan Tanjung Agung Palik – Gunung Selan – Giri Mulya, dengan panjang ruas jalan 46,100 KM
  3. Jalan Giri Mulya – Atas Tebing (Atas Lebong). Dengan panjang ruas jalan 26,400 KM
  4. Jalan SP4. GUNUNG SELAN – LAIS. Dengan panjang ruas jalan 17,900 KM
  5. Jalan SP. SUKARAMI – UNIT III – PADANG JAYA. Dengan Panjang Ruas Jalan 13,400 KM
  6. Jalan D6 KETAHUN – GIRI MULYA. Dengan panjang Ruas Jalan 34,900 KM
  7. Jalan LUBUK DURIAN – BATAS BENTENG. Dengan panjang ruas jalan 6,100 KM
  8. Jalan LUBUK DURIAN – TANJUNG RAMAN (UJUNG JALUR DUA). Dengan Panjang Ruas Jalan 20,850 KM
  9. Jalan KETAHUN – NAPAL PUTIH. Dengan Panjang Ruas Jalan 33,600 KM.
  10. Jalan SUKA MAKMUR – SP4. TANJUNG HARAPAN (TUGU GARUDA). Dengan Panjang Ruas Jalan 41,000
  11. Jalan SP. AIR MURING – SUKA MAKMUR. Dengan Panjang Ruas Jalan 22,800 KM
  12. Jalan JL. WISATA AIR TERJUN CURUP IX (TNKS). Dengan Panjang Ruas jalan 22,040 KM
  13. Jalan BATIK NAU – LUBUK BANYAU. Dengan Panjang Ruas Jalan 21,400 KM
  14. Jalan BANJAR SARI – MALAKONI – KAYUAPU (PULAU ENGGANO). Dengan Panjang Ruas Jalan 32,000 KM. Jumlah Total Panjang Ruas jalan Milik Provinsi di Kabupaten Bengkulu Utara, yakni, 358,180 KM. (BEN)

Related posts

Polres Bengkulu Utara Berhasil Meringkus Pembobol Counter

Beni Irawan

Terkait APK Terpasang di Rumdin Bupati, Bawaslu Sebut Langgar Aturan

Beni Irawan

7 Sekda di Provinsi Bengkulu Bakal Jabat PLH Bupati

Beni Irawan

Leave a Comment

6 − five =