Daerah

Sosialisasi Dana Desa, Kejari Tindak Tegas Kades Terbukti Korupsi

Bengkulu Utara,(GC)-Banyaknya kepala desa (Kades) yang terjerat kasus tindak pidana (TP) Korupsi ahir-ahir ini, membuat kepala Kejaksaan Negeri Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara, Fatkhuri,SH melalui Kasi intel Polmen Butar-Butar kembali mengingatkan para Kades diwilayah hukumnya agar lebih berhati-hati dalam menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

Selaku Kasi Intel Kejari Arga Makmur, Polmen Butar-Butar didepan para kepala desa, camat, kepala DPMPD Kepala BPKAD serta pihak Inspektorat kabupaten Bengkulu Utara yang ikut hadir dalam acara sosialisasi Dana Desa dan TP4D yang berlansung pada hari kamis (24/08/2017) di gedung Balai Ratu Samban kecamatan kota arga makmur menjelaskan, Dirinya mengharapkan agar para Kades yang menggunakan ADD dan DD dari APBN tersebut tidak berpotensi menjadi ajang penyimpangan.

“Saya harap para kades berhati-hati menggunakan ADD dan DD, bila perlu ajak masyarakatnya yang sehati bersama –sama mengelola ADD dan DD sesuai dalam aturan yang sudah ditentukan,” Terang Polmen.

Lanjutnya, selaku TP4D Polman juga menyarankan agar para kades dalam menggunakan ADD dan DD secara transparan pada masyarakatnya,kemudian para kades juga butuh pengelolaan yang profesional serta perlu pengawasan berbagai pihak.

“Anggaran yang dikucurkan ke Desa Itu sangat besar, jika pengelolaannya tidak professional maka sangat dimungkinkan adanya penyelewengan dan penyalahgunaan,” Jelas Polmen.

Selain itu Polman Butar-Butar juga mengatakan sebagai TP4D pihaknya akan selalu mengawasi penggunaan ADD dan DD di setiap desa. Bahkan dirinya juga sangat berharap agar masyarakat juga ikut proaktif untuk membantu melakukan pengawasan, begitu juga para rekan-rekan LSM dan wartawan diharapkan semakin aktif memberikan informasi kepada masyarakat dan aparat penegak hukum jika terjadi adanya tindakan korupsi.

“Sekali lagi saya peringatkan dengan para Kades agar tidak bermain-main dengan ADD dan DD, jika ada yang terbukti maka kami tidak segan-segan memproses secara hukum,” Tegas Polmen.

Semetara kades Baturoto kecamatan Hulu palik,Wasri, saat sosialisasi Dana Desa dan TP4D juga menyampaikan pada pihak yang berwenang terutama tim TP4D agar sosialisasi ini juga dilakukan ke desa-desa agar masyarakat juga ikut mendengar dan mengerti apa yang telah di sarankan oleh TP4D.

“Saya berharap agar pihak Tim TP4D juga melakukan sosialisasi ke desa-desa, agar masyarakat juga mendengar dan paham apa yang seharusnya mereka lakukan,” Tutup Wasri.(Ben)

Related posts

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Soal Perda No.14 Tahun 2016

Beni Irawan

Pemkab Bengkulu Utara Raih 5 Kali WTP Berturut-Turut

Beni Irawan

Bappelitbangda BU Terima Kunjungan Studi Banding Bappelitbangda RL

Beni Irawan

Leave a Comment

1 × 2 =