Advetorial Daerah

Pandangan Umum Fraksi DPRD BU Atas Raperda APBD 2024

Pandangan Umum Fraksi DPRD BU Atas Raperda APBD 2024

Garuda Citizen – DPRD Kabupaten Bengkulu Utara (BU) menggelar rapat paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024 di ruang sidang lantai dua gedung DPRD setempat, Selasa (24/10/2023).

Rapat paripurna pandangan umum dari Fraksi-fraksi yang dipimpin oleh ketua DPRD Bengkulu Utara, Sonti Bakara, SH didampingi Wakil Ketua 1 Juhaili, S.IP tersebut, adalah mencakup terhadap Nota pengantar Raperda APBD tahun anggaran 2024 yang disampaikan oleh pihak pemerintah daerah Bengkulu Utara pada hari Senin tanggal 23 Oktober 2023 kemarin.  

Melalui juru bicara masing-masing Fraksi, mereka menyampaikan apresiasi terhadap Raperda APBD tahun anggaran 2024 tersebut.

Selanjutnya, setiap Fraksi memberikan catatan penting mengenai kepemimpinan Bupati Ir.H.Mian dan Wakil Bupati Arie Septia Adinata, SE, M.AP yang selama ini memimpin Kabupaten Bengkulu Utara.

Kebijakan anggaran pada tahun 2024 merupakan kebijakan tahun transisi bagi kepala daerah dengan mengemban amanah RPJMD Bengkulu Utara, untuk menuju pemerintahan yang baru.

“Memprioritaskan program-program yang menyangkut kepentingan kesejahteraan masyarakat terutama pendidikan dan kualitas layanan bagi kesehatan,”ucap salah satu Jubir dari Fraksi Golkar Sudarman.

Untuk diketahui Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah APBD 2024 ini, merupakan rencana keuangan tahunan Pemerintahan Daerah yang dibahas dan disetujui bersama oleh Pemerintah daerah dengan DPRD dan ditetapkan dengan Peraturan Daerah.

Sebagai rencana keuangan tahunan Pemerintahan Daerah, maka dalam APBD tergambar kerangka kebijakan publik yang memuat hak dan kewajiban pemerintah daerah dan masyarakat yang tercermin dalam pendapatan, belanja dan pembiayaan.

Berdasarkan pengertian tersebut secara prinsip, APBD merupakan cerminan atau gambaran kegiatan Pemerintah dalam suatu periode yang meliputi kegiatan penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan kemasyarakatan, dan kegiatan-kegiatan pembangunan.

“Semua kegiatan-kegiatan yang dilakukan langsung maupun tidak langsung, tentunya dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Sudarman.

Turut Hadir, Wakil Bupati Bengkulu Utara Arie Septia Adinata, SE, M.AP dan para pejabat dilingkungan Pemkab Bengkulu Utara, beserta Forkopimda Bengkulu Utara. (BEN/ADV)

Related posts

Terkait Masalah DO, Dispendik Bengkulu Utara Terbitkan Surat Edaran

Beni Irawan

Acara Hiburan, Malam Syukuran Khitanan Putra Bungsu Mi’an,”Meriah”

Beni Irawan

KPUD Bengkulu Utara Akan Menggelarkan Doa Bersama

Beni Irawan

Leave a Comment

five × three =