Daerah Featured

Idul Adha 2024, Masjid Agung Arga Makmur Sembelih 6 Ekor Sapi

Idul Adha 2024, Masjid Agung Arga Makmur Sembelih 6 Ekor Sapi

Garuda Citizen – Pada hari raya idul adha 1445 Hijriyah tahun 2024 ini. Pengelola harian Masjid Agung Baitul Makmur, di Kecamatan Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, melalui panitia Ibadah Kurban hanya menyembelih hewan kurban jamaah sebanyak 6 ekor Sapi.

Pantauan media ini, kegiatan penyembelihan dan pengelolaan daging kurban serta melakukan pembagiannya berlangsung di halaman Masjid setempat, Senin (17/06/2024).

Salah satu Panitia kurban, Dahimin, dengan awak media ini mengatakan, hewan qurban tersebut nantinya akan dibagikan kepada 600 Kepala Keluarga. Mulai dari RT 3, RT 6 dan RT 9 Kelurahan Gunung Alam.

“Alhamdulillah tahun ini kita menyembelih hanya 6 Ekor Sapi, dan hewan sembelihan kita ini akan kita bagikan kepada lebih kurang 600 Kepala Keluarga Muslim, sesuai dengan kupon yang sudah kita bagikan. Pokoknya insyaallah pihak panitia upayakan hari ini semua daging hewan kurban bisa selesai dikemas, dan dibagikan kepada yang berhak menerima,” Terang Dahimin.

Sambungnya, untuk pembagiannya hewan qurban, panitia qurban Masjid Batul Makmur akan memprioritaskan kepada masyarakat sekitar masjid terlebih dahulu.

“Kalau untuk pembagiannya kita memprioritaskan masyarakat sekitar dulu, kalau memang masih ada, baru kita bagikan keluar. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Dahimin : Alhamdulilah Selama Dua Tahun Terakhir Tak Ada Kurban Dari Pemda

Dahimin juga mengakui, 6 ekor sapi hewan kurban yang disembelih di Masjid Baitu Makmur tersebut, semuanya dari kurban warga RT 3, RT 6 dan RT 9 Kelurahan Gunung Alam, dan selama dua tahun terakhir ini, tidak ada satu ekor pun sumbangan atau bantuan hewan kurban dari Pemerintah Daerah Bengkulu Utara.

“Alhamdulillah selama dua tahun terakhir ini, jangankan dari para calon Bupati, dari Pemda setempat saja tak ada satu ekor pun. Padahal, masjid kita ini katanya level kabupaten,” ungkapnya.

Lanjutnya, Dahimin Mengatakan, padahari raya idul adha tahun-tahun sebelumnya di Masjid Baitul Makmur ini menyembelih Hewan Kurban mencapai 12 Ekor Sapi dan puluhan Ekor Kambing. Sehingga ia berharap, Hari Raya Idul Adha tahun depan bisa menyembelih lebih banyak hewan qurban dari tahun ini.

“Tentunya kita berharap tahun depan bisa lebih banyak dari inilah kita sembelih hewan qurban, kalau lebih banyak hewan qurbannya kan lebih banyak juga yang menerima manfaatnya,”Harapnya.

Lebih lanjut Dahimin menjelaskan, dari awal pihaknya sudah merencanakan teknis pelaksanaan dengan baik, termasuk semua yang terlibat dalam kegiatan ini memiliki SK, artinya tidak sembarang orang yang terlibat, hal itu sebagai bentuk upaya memininalisir terjadinya kerumunan pada saat proses penyembelihan dan pengelolaan daging kurban.

Untuk pembagian daging kurban, kata Dahimin, dengan cara penerima daging kurban datang langsung mengambil daging kurban dengan membawa kupon yang telah diberikan oleh panitia sebelum hari pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, dan ada juga yang diantar langsung oleh masing-masing koordinator wilayah yang sudah ditentukan.

Dalam kesempatan ini, Dahimin, selaku ketua Panitia kurban mengucapkan ucapan terima kasih kepada Jamaah yang telah memberi kepercayaan kepada semua panitia untuk mengelola ibadah kurbannya, semoga Allah SWT. Menerima dan melipatgandakan segala amal ibadah qurban tersebut, Tutupnya. (Ben)

Related posts

DPMPD Akan Lakukan Cek Pembangunan DD Pematang Sapang

Beni Irawan

LHP Oknum Pejabat Mesum Selesai, Bupati BU Segera Berikan Sanksi

Beni Irawan

MI’AN Kembali Lantik 37 Pejabat Eselon II,III dan IV, Ini Daftarnya

Beni Irawan

Leave a Comment

eleven − six =