Daerah Featured

Era Sonti, Jadwal Rapat DPRD Bengkulu Utara Sering Molor

Era Sonti, Jadwal Rapat DPRD Bengkulu Utara Sering Molor

Garuda Citizen – Era Sonti Bakara, SH menjadi Ketua. Pelaksanaan rapat paripurna yang digelar DPRD Bengkulu Utara, sering molor. Padahal agenda rapat maupun seluruh kegiatan sudah dibahas oleh Badan Musyawarah (Banmus).

Seperti jadwal kegiatan DPRD Bengkulu Utara hari ini, Senin (10/6/2024) dengan 3 agenda yakni, pertama rapat penyampaian nota pengantar terhadap rancangan pertanggungjawaban APBD 2023 dan kedua rapat Ranperda pembangunan jangka panjang 2025-2045 serta yang ketiga rapat Ranperda penenaman modal dan perizinan berusaha.

Rapat yang dijadwalkan pukul 10.00 WIB tersebut hingga sholat zuhur belum juga dimulai. Terlihat satu persatu para SKPD yang telah menunggu berjam jam di ruang rapat mulai keluar dan pulang ke kantornya masing-masing.

“Tidak jelas sampai kapan kami harus menunggu. Kami ini digaji oleh rakyat dan masih banyak pekerjaan lain di kantor yang harus kami selesaikan. Daripada di sini hanya bengong plongak plongok saja, lebih baik kami pulang kantor dulu mengerjakan pekerjaaan dan Shilat Zuhur dulu. Nanti kita datang lagi kalau memang sudah betul betul mulainya rapat,” ujar salah seorang pejabat yang terlihat nampak kesal.

Rapat Akan Dimulai, Malah Dewan Banyak Keluar

Parahnya lagi, ada beberapa anggota dewan yang sudah ada di gedung dewan malah keluar. Padahal, Sekwan sudah berulang kali menyampaikan agar tetap berada di gedung DPRD setempat lantaran rapat akan segera dimulai. Namun, penyampain seorang sekwan sepertinya tak diapik.

“Susah nian lah ngumpul anggota dewan nih. Padahal, kegiatan DPRD sudah terjadwal dari mulai hari, tanggal, dan jam. Semuanya sudah disepakati lewat Banmus,”  ujar Sekwan sembari menunggu para tamu undangan dan para Anggota dewan datang ke Gedung DPRD Bengkulu Utara.

Sementara perlu juga diketahui, Badan Musyawarah DPRD sendiri memiliki tugas dan wewenang diantaranya menyusun rencana kerja alat kelengkapan DPRD, menciptakan agenda DPRD untuk 1 tahun masa sidang.

Kemudian, memberikan pendapat kepada Pimpinan DPRD dalam menentukan garis kebijakan pelaksanaan tugas dan wewenang DPRD. Menetapkan jadwal acara rapat DPRD, saran serta pendapat, guna memperlancar kegiatan DPRD.

Padahal, dari Pantauan Media ini, Wakil Bupati, Sekda dan para Forkopimda juga sudah datang memasuki ruang ketua. Bahkan, setelah diumumkan jadwal rapat diundurkan habis sholat Zhuhur, terlihat mulai berdatangan nasi bungkus masuk ke ruang anggota dewan. (Ben)

Related posts

Dampak Covid-19, Karyawan PHK Dapat Bantuan Dari Ir.H.Mian

Beni Irawan

Sengketa Yayasan UNRAS, Penggugat Minta Sita Jaminan

Beni Irawan

Supervisi 10 Program PKK, Warga Minta Pembangunan Jalan

Beni Irawan

Leave a Comment

18 − 2 =