Advetorial Daerah Featured

Pembukaan MTQ Ke-36 Tingkat Provinsi di Bengkulu Utara Meriah

Pembukaan MTQ Ke-36 Tingkat Provinsi di Bengkulu Utara Meriah

Garuda Citizen – Pembukaan dan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXXVI tingkat Provinsi Bengkulu, yang digelar di Alun-alun Malim Paduko, Kecamatan Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, diisambut meriah oleh ribuan masyarakat.

Meskipun diguyur hujan. Namun pembukaan yang dilaksanakan pada Rabu (5/06/2024) malam itu, tetap menampilkan karya khas seni lokal dan parade peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an yang mewakili masing-masing daerah kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu.

Tidak hanya itu, permainan lampu warna-warni yang beragam dari atas panggung mimbar tilawah menambah kesan megah dan menarik pada saat pembukaan MTQ tersebut.

Terlebih saat tampil para kafilah atau peserta MTQ dari berbagai Kabupaten dan kota, terlihat sejumlah warga yang menyaksikan langsung dalam parade itu bersorak ria bentuk dukungannya.

MTQ ke-36 tingkat Provinsi Bengkulu yang diselenggarakan di Bumi Ratu samban ini, dibuka langsung oleh Gubernur Bengkulu, Dr.Rohidin Mersyah dan Bupati Bengkulu Utara, Ir.H.Mian, yang dihadiri sejumlah Kepala daerah dari 10 Kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu.

Pembukaan MTQ Ditandai Dengan Pemukulan Dol

Pembukaan MTQ ke-36 ini, terlihat ditandai dengan tarian kolosal serta simbolis pemukulan dol oleh Gubernur Bengkulu sebagai tanda dimulainya MTQ Ke-36 Tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2024.

Dalam sambutannya Gubernur Bengkulu, Dr.Rohidin Mersyah, menyampaikan ucapan terimaksih kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, dalam hal ini selaku tuan rumah yang telah menyambut dan melayani dengan baik para tamu undangan serta para peserta MTQ yang datang dari 10 kabupaten/kota.

Gubernur Bengkulu juga menympaikan, atas nama Pemerintah Provinsi Bengkulu, mengapresiasi dan penghargaan tiada terhingga kepada Bapak Bupati Bengkulu Utara, Ir.H.Mian dan jajarannya serta segenap kepanitiaan atas pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-36 di Kabupaten Bengkulu Utara, tersebut.

Selain itu, Gubernur Bengkulu, Dr.Rohidin Mersyah, mengajak semua untuk memaknai pelaksanaan MTQ ini sebagai momentum yang memiliki peran yang sangat strategis baik dalam fungsinya untuk menjabarkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an dan menjadi pedoman hidup bersama sebagai umat Islam, baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial bermasyarakat.

“Jadikan kegiatan MTQ ini sebagai sarana untuk menumbuhkan kecintaaan masyarakat agar selalu mempelajari, memahami dan mengamalkan isi dari kandungan Al-Qur’an,” ujar Rohidin.

”Kemudian, MTQ ini juga merupakan momentum untuk memperkuat tekad kita sekalian untuk bagaimana menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan keseharian kita, sehingga Islam betul-betul akan hadir sebagai rahmatan lil alamin khususnya di bumi Rafflesia kita cintai dan secara keseluruhan negara kesatuan Republik Indonesia bahkan di seluruh belahan bumi bumi Allah subhanahu wa ta’ala,” terang Rohidin.

Ir.H.Mian Ucapkan Selamta Datang

Sementara itu, Bupati Bengkulu Utara Ir. H. Mian, dalam sambutannya, menyampaikan ucapan selamat datang  kepada seluruh kafilah dari 10 kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu dan para tamu undangan.

Ir.H.Mian menyebutkan, Musabaqah Tilawatil Quran merupakan ajang yang sangat mulia dan penuh dengan nilai-nilai religius. Karena, MTQ tidak hanya menjadi wahana untuk mengasah kemampuan membaca Al- Quran dengan baik dan benar, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat ukhuwah islamiyah di antara kita semua.

“Semoga melalui MTQ ini, kita dapat melahirkan generasi yang cinta Al-Quran, generasi yang memiliki akhlak mulia, serta mampu menjadi teladan bagi masyarakat luas,” tutur Ir.H.Mian.

“Kemudian, saya juga mengapresiasi kerja keras dewan hakim, panitera, dan panitia penyelenggara serta seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam persiapan hingga terselenggaranya acara ini. semoga Allah membalas segala kebaikan dan jerih payah yang telah diberikan,” lanjut Ir.H.Mian.

“Kepada para peserta MTQ, saya ucapkan selamat berkompetisi tunjukkan kemampuan terbaik kalian dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan kejujuran. jadikan ajang ini sebagai sarana untuk belajar dan memperkaya diri dengan ilmu-ilmu Al-Quran,” tutup Ir.H.Mian.

Mantapnya lagi, bagi masyarakat yang tak dapat hadir menyaksikan langsung ke lokasi acara pembukaan MTQ ke 36 di lokasi Alun-Alun Malim Paduko lantaran cuaca hujan. Namun, seluruh masyarat tetap saja dapat menyaksikan acara tersebut melalui live streaming LPPL Karisma Ratu Samban. (Ben/ADV)

Related posts

Selain Cuci Kampung Oknum Pejabat Mesum Terancam Di Pecat

Beni Irawan

BPK RI Diminta Serius Audit Dinas Pendidikan Bengkulu Utara

Beni Irawan

Sidak UPTD Workshop Dinas PUPR, Dewan Temukan Dugaan Pungli

Beni Irawan

Leave a Comment

5 × 4 =