Advetorial Daerah

Dinsos Bengkulu Utara Gelar Rakor Penyaluran Bansos 2023

Dinsos Bengkulu Utara Gelar Rakor Penyaluran Bansos 2023

Garuda Citizen – Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Utara menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan Program Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK) sekaligus melakukan peningkatan kapsitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kesejahteraan Sosial (Kesos) dalam pengelolaan  Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Acara rapat koordinasi yang berlangsung di Café Podomoro Kelurahan Kemumu, Kecamatan Arma Jaya, pada hari Kamis 23 November 2023 tersebut, dipimpin dan dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Bengkulu Utara, Ir,H.Mian melalui Sekda Fitriyansyah, didampingi oleh Kepala Dinas (Kadis) Sosial Agus Sudrajat, S.KM, MM.

Dalam sambutannya Sekda Fitriyansyah, yang dalam hal ini selaku ketua tim koordinasi Bansos Bengkulu Utara, menyampaikan, sesuai dengan arahan Bupati Ir.H.Mian, agar pelaksanaan program Bantuan Sosial (Bansos) makin tepat manfaat dan tetap sasaran. Sehingga pihak Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Utara diharapkan menjalin koordinasi dan Kolaborasi lintas sektor atau instansi.

“Karena Dinas Sosial tentu tidak akan bisa bekerja sendiri, harus ada sinergi dari seluruh pihak. sehingga arahan dari Bupati agar pihak Dinas Sosial, coba jalinkan Koordinasi dan Kolaborasi lintas sektor. Tujuannya, tetntu supaya penyaluran Bansos lebih tepat sasaran,” Kata Sekda Bengkulu Utara, H. Fitriyansyah, S.STP, MM.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Utara, Agus Sudrajat, S.KM, MM, dalam kesempatan ini menyampaikan, bahwa berdasarkan hasil kinerja pihak Dinsos melalui pengelolaan DTKS selama hampir satu tahun 2023 ini, terjadi pengurangan penerima bantuan sosial.

“Alhamdulillah sekarang jumlah penerima Bansos terjadi Penurunan. Tetapi bukan berarti kami yang mengecilkan, namun penurunan itu berdasarkan hasil Musdes serentak se Kabupaten Bengkulu Utara di Bulan Februari dan April 2023,” ucap Agus Sudrajat.

Berikut Rekap DTKS dan Penerima Bansos PKH, BPNT, PBI-JK, Kabupaten Bengkulu Utara, Tahun 2023

Periode Januari 2023

Jumlah DTKSPKH (KPM)BPNT Sembako (KPM)PBI-JKPeriode SK
Individu189.65215.77034.680121.620SK DTKS 27 Januari 2023
Keluarga66.028SK PBI 02 Januari 2023

Periode November 2023

Jumlah DTKSPKH (KPM)BPNT Sembako (KPM)PBI-JKPeriode SK
Individu173.858 13.40932.258110.519SK DTKS 20 Nov 2023
Keluarga61.791 SK PBI 20 Nov 2023

Pengurangan

Jumlah DTKSPKH (KPM)BPNT Sembako (KPM)PBI-JK
Individu15.7942.3612.42211.101
Keluarga4.237

Kadis Sosial Agus Sudrajat juga mengatakan, hingga saat ini sudah ada beberapa Dinas Sosial dari daerah lain yang yang datang ke Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Utara, dengan tujuan studi tiru terhadap pengelolaan DTKS di Kabupaten Bengkulu Utara.

Adapun Dinas Sosial dari daerah lain yang pernah datang ke Dinas Sosial Bengkulu Utara, yakni, sebagai berikut :

  1. Dinsos Kota Bengkulu
  2. Dinsos Kabupaten Kepahiang
  3. Dinsos Kabupaten Rejang Lebong
  4. Dinsos Kabupaten Seluma
  5. Dinsos Kabupaten Bengkulu Selatan
  6. Dinsos Kabupaten Benteng

“Dalam kesempatan ini, saya senan sekali dan mengucapkan terima kasih banyak kepada Dinas Sosial dari Kabupaten lain yang telah berkunjung ke Dinas Sosial Bengkulu Utara. Pada prinsipnya, kami dari Dinas Sosial Bengkulu Utara siap berkolaborasi dan bekerja sama dalam kegiatan program Bansos,” pungkas Agus Sudrajat.

Dari pantauan media ini, terlihat acara dihadiri, dari Kejaksaan, Polres, OPD terkait, Baznas, Media, Mandiri, Pos, Korkab dan Korcam PKH, TKSK, Perwakilan Kecamatan dan Kelurahan. Bahkan, tampak peserta yang hadir lebih dari 70 orang peserta. (Ben/ADV)

Related posts

Ir.H.Mian Jadi Orang Bengkulu Utara Yang Pertama Divaksin Covid-19

Beni Irawan

Kapolda Bengkulu Kunjungi Polres Bengkulu Utara

Beni Irawan

Meski Cuti Lebaran, RSUD Lagita Tetap Layani Pasien

Beni Irawan

Leave a Comment