Advetorial Daerah

Disdukcapil BU Sekarang Ada Aplikasi Pelayanan Berbasis Android

Disdukcapil BU Sekarang Ada Aplikasi Pelayanan Berbasis Android

Garuda Citizen – Kabar gembira bagi masyarakat untuk menghadapi tantangan kemajuan di jaman era digital. Saat ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) telah meluncurkan aplikasi pelayanan pengurusan administrasi kependudukan berbasis Android atau Smartphone.

Dengan adanya aplikasi ini, sehingga masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara tidak perlu lagi datang ke kantor Disdukcapil ketika ingin mengurus administrasi kependudukan. Cukup mendonload apikasi di Paly Store dalam handpone android, maka semua pelayanan Administrasi kependudukian dapat di akses. Kecuali, perekaman dan Pencetakan KTP dan KIA  yang masih harus tetap datang ke kantor Disdukcapil setempat.

Selain itu, masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara juga dapat mengetahui berkas pelayanan yang mereka urus sudah sampai dimana prosesnya tanpa perlu lagi ke kantor Disdukcapil untuk berkoordinasi dan konsultasi hal tersebut.

Pada intinya, Aplikasi pelayanan ini memiliki banyak kemudahan yang dapat memangkas jalur pelayanan secara manual. Khususnya bagi masyarakat yang tidak memiliki banyak waktu dalam melakukan pengurusan administrasi kependudukan sendiri.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bengkulu Utara, Suwanto, SH, M.AP mengatakan, aplikasi ini memberikan kemudahan dan transparansi dalam pelayanan administrasi kependudukan yang tidak terbatas waktu.

“Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pelayanan yang efektif dan efisien,” Ujar Suwanto, sembari menghelus-heluskan kumisnya, Jum’at (10/11/2023) di ruang kerjanya.

Disdukcapil terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat atas pemanfaatan aplikasi ini, lanjut Suwanto. Karena aplikasi ini dibuat agar masyarakat bisa lebih mudah dalam mengurus dokumen kependudukan. Dengan aplikasi ini juga diharapkan bisa menghilangkan sistem pencaloan yang masih saja terjadi.

“Masyarakat kan sudah bisa mengisi secara mandiri. Nanti tinggal lengkapi data saja di aplikasi. datang ke Disdukcapil tinggal dicetak saja. Nah kan lebih mudah to. Dengan demikian, tentu tidak ada lagi yang namanya calo. Apa lagi kita saat ini sudah berada ditahun politik dalam menghadapi Pemilu 2024,” tutup Suwanto. (Ben/ADV)

Related posts

Bupati Ir.H.Mi’an & Wagub Bengkulu Hadiri Sosialisasi Cegah Stunting

Beni Irawan

Dapil Bengkulu Utara Pemilu 2019, Lihat Sebarannya

Beni Irawan

Masih Dalam Penyelidikan Kejari, DPRD Sidak Ke Lokasi PT PMN

Beni Irawan

Leave a Comment