Advetorial Daerah

Pemkab Bengkulu Utara Gelar Entry Meeting Bersama BPK RI

Pemkab Bengkulu Utara Gelar Entry Meeting Bersama BPK RI

Garuda Citizen – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara, menggelarkan entry meeting pemeriksaan pendahuluan kepatuhan belanja barang, jasa, dan belanja modal Tahun Anggaran 2023 bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Repeublik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Bengkulu, Rabu (27/09/2023).

Kegiatan entry meeting yang berlangsung di ruang Command Center Bengkulu Utara, dipimpin langsung Bupati Bengkulu Utara, Ir.H.Mian, didampingi Pengendali Teknis BPK RI Provinsi Bengkulu, Dr. Erlian Susanti dan Ketua Tim Pemeriksa, Anton, Ketua DPRD Bengkulu Utara, Sonti Bakara, SH dan Sekda Fitriyansyah.

Bupati Bengkulu Utara, Ir.H.Mian dalam arahannya menyampaikan, pihak pemkab Bengkulu utara wajib berkomitmen yang tinggi dalam mendukung pelaksanaan pemeriksaan atas LKPD Pemerintah Daerah tahun anggaran 2023.

Bupati Minta Kepada Seluruh OPD Memenuhi Semua Data Permintan Tim BPK RI

Sebagai wujud komitmen dukungan kepada BPK, lanjut Bupati, sehingga ia berharap kepada seluruh jajaran dalam lingkup Pemerintah Daerah Bengkulu Utara wajib memenuhi semua permintaan data yang diminta oleh tim pemeriksa selama dalam proses pemeriksaan.

“WTP bukan suatu prestasi, tetapi merupakan suatu kewajiban dari Pemerintah Daerah sebagai bentuk pertanggung jawaban atas pengelolaan keuangan negara di daerah. Yang menjadi penghalang, berarti dianggap tidak mendukung pengelolaan keuangan secara transparan dan akuntabel berdasarkan prinsip pengelolaan keuangan negara, hal itu akan ditindak sesuai aturan yang berlaku“ kata Ir.H.Mian.

Selain itu, Bupati Ir.H.Mian juga menegaskan, selama dalam pemeriksaan, Kepala Dinas dan Bendahara serta pihak–pihak yang bertanggung jawab dalam pengelolaan keuangan di setiap SKPD nya masing-masing, dilarang melakukan perjalanan dinas luar daerah atau meninggalkan Kabupaten Bengkulu Utara, kecuali mendapat izin dari Sekda dan tim pemeriksa dari BPK.

“Kami sampaikan kepada seluruh tim teknis pemeriksa, bahwasanya pihak Pemkab Bengkulu Utara menyatakan siap untuk membantu proses pemeriksaan, baik yang secara fisik maupun nonfisik hingga nantinya Bengkulu Utara kembali meraih predikat WTP untuk yang ke 7 kalinya,” ungkap Ir.H.Mian.

Pemkab Bengkulu Utara Kategori Ranking 1 Mendukung Tugas BPK

Sementara itu,Dr. Erlian Susanti selaku Pengendali Teknis BPK RI Perwakilan Provinsi Bengkulu dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi atas sambutan baik dari jajaran Pemkab Bengkulu Utara, khususnya dalam hal ini Bupati Bengkulu Utara, Ir.H.Mian yang sangat support mendukung BPK dalam melaksanakan tugasnya.

Perlu juga dikeahui, lanjut Dr.Erlian Susanti, Entry meeting adalah salah satu tahap penting dalam pemeriksaan, yang dapat mempengaruhi keberhasilan dan kelancaran pemeriksaan. Entry meeting merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan oleh pemeriksa kepada entitas terperiksa.

Kemudian, Dr. Erlian Susanti, juga mengatakan, selaku pengendali teknis tim pemeriksaan menyampaikan, bahwasanya secara peringkat saat ini Pemkab Bengkulu Utara masih masuk dalam kategori sangat baik, untuk itu ia berharap agar tidak ada terjadi kendala selama proses pemeriksaan berlangsung.

“Sebenar secara kompak, dari seluruh kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu, kabupaten Bengkulu Utara ini rangking satu dalam kategori support mendukung ketika pihak BPK menjalani proses pemeriksaan,” jelas Dr.Erlian Susanti.

Disisi lain, Dr.Erlian Susanti juga menghibau kepada seluruh jajaran Pemerintah daerah Bengkulu Utara, agar segera melaporkan kepada pihak yang berwajib jika ada yang meminta uang atau jenis imblan mengatasnamaknan dari BPK RI. Baik itu secara lisan maupun secara tertulis melalui surat atau melalui SMS.

“Jadi saya mohon kepada bapak ibu yang hadir, jika ada yang meminta uang sumbangan atau imbalan mengatasnamakan dari tim pemeriksa, agar segera laporkan ke pihak kepolisian. Karena, saya pastikan itu hoax,” pungkas Dr.Erlian Suanti.

Dari pantauan media ini, hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Asisten 1,II dan III, para kepala SKPD serta para camat di 19 kecamatan yang ada Bengkulu Utara. (Ben/ADV)

Related posts

Pisah Sambut, Kasi Pidsus Kejari Arga Makmur

Beni Irawan

Jangan Ada Penyelewengan, KPK Sosialisasi Pengelolaan ADD

Beni Irawan

Pemkab Bengkulu Utara Gelar Rapim TEPRA I Tahun 2019

Beni Irawan

Leave a Comment