Daerah Featured

PT. PMN Sosialisasi Tambang Batu Bara di Desa Gunung Selan

PT. PMN Sosialisasi Tambang Batu Bara di Desa Gunung Selan

Bengkulu Utara, GC – Bertempat di aula kantor desa Gunung Selan, Kecamatan Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara. Pihak perusahaan tambang batu bara PT. Putra Maga Nanditama (PMN)  melakukan kegiatan acara pertemuan sekaligus sosialisasi dengan warga desa setempat, Selasa (8/2/2022).

Dengan tetap menerapkan Prokes ketat COVID- 19. Acara terlihat dihadiri langsung oleh Camat Kecamatan Kota Arga Makmur, Syafarudin, S.ST, M.Si, Kepala Desa, Al Mufti, Ketua BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, Babinkantibmas dan Babinsa serta beberapa orang dari perwakilan warga desa Gunung Selan.

Acara tersebut, ternyata membahas terkait mulainya pihak perusahaan tambang PT.PMN melakukan eksploitasi di Wilayah desa Gunung Selan. Sekaligus mengingatkan pihak perusahaan agar peduli terhadap kepentingan masyarakat terutama yang berdomisili di desa penyangga. Dengan demikian, tentu tercipta sinergitas antara perusahaan dengan masyarakat.

Dalam kata sambutannya Camat Kota Arga Makmur berpesan, ia sangat berharap jika ada suatu masalah antara pihak perusahaan dengan warga, agar dapat diselesaikan secara musyawarah. Selain itu, masyarakat desa juga mulailah turut bersama-sama membangun sinergitas demi kemajuan perusahaan dan masyarakat desa setempat. Sehingga nantinya akan saling menguntungkan antara kedua belah pihak.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat dan tokoh masyarakat. Jika ada yang kurang berkenan terhadap pihak perusahaan tambang, sampaikan lah pada saat pertemuan seperti ini. Jangan setelah diluar nanti, baru kita ngoceh,” tutur Syafarudin.

CAMAT Berharap Tenaga Kerja Diambil Dari Warga Desa Penyangga

Camat juga mengingatkan kepada pihak PT.PMN agar mengambil tenaga kerja yang berasal dari desa penyangga. Seperti tenaga kerja dari Desa Gunung Selan. Kemudian, pihak perusahaan juga harus peduli dengan keluhan masyarakat.

“Kalau menurut saya, mereka dari pihak perusahaan tambang berani melakukan kegiatan penambangan saat ini, tentu mereka sudah ada dasarnya dan telah melengkapi persyaratan. Selanjutnya, saya selaku camat juga mohon kepada pihak perusahaan agar perhatian dan kepedulian kepada masyarakat diutamakan,” tegas Syafarudin.

Untuk itu, kata Camat, ia juga berharap agar ada saling mengamankan antara masyarakat dengan perusahaan. Sehingga dari saling dukung akan timbul kerjasama agar perusahaan bisa segera beroperasi dengan aman dan lancar.

“Saya atas nama camat kota Arga Makmur, mengucapkan selamat atas telah hadirnya tambang batubara PT. PMN di Wilayah Desa Gunung Selan,” ucap Syafarudin.

Sementara itu, Heri selaku Manager PT. PMN menyampaikan ucapan terimakasih kepada Camat, Kades dan seluruh warga Desa Gunung Selan yang telah memberikan kepercayaan kepada PT. PMN untuk mengolah batubara.

“Terkait dokumen AMDAl kita ada, pokonya dokumen persyaratan penambangan ada semua. Kemudian, kami juga berupaya akan menjaga kepercayaan yang telah diberikan pihak Pemerintah Daerah Bengkulu Utara dan warga desa di Gunung Selan serta warga desa yang berada di kecamatan Air Besi, dengan mengikuti aturan yang berlaku,” tutup Heri. (Ben)

Related posts

Swakelola Tambal Sulam Jalan Kota Arga Makmur Dipertanyakan

Beni Irawan

Kondisi Pasar Arga Makmur Makin Hari Kian Semrawut

Beni Irawan

Banyak Proyek Jalan Tahun 2016 Terkesan Asal Jadi

Beni Irawan

Leave a Comment

one × 5 =