Daerah Featured

Warga Peraduan Binjai Minta Tingkatkan Keamanan Pada Hari H Pilkades

Warga Peraduan Binjai Minta Tingkatkan Keamanan Pada Hari H Pilkades

Kepahiang, GC – Situasi memasuki hari pencoblosan atau hari H Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di desa Peraduan Binjai, Kecamatan Tebat Karai, Kabupaten Kepahiang, pada tanggal 14 Desember 2021 diprediksikan lebih panas ketimbang Pilkades sebelumnya.

Terkait hal tersebut, warga desa Peraduan Binjai banyak yang meminta agar keamanan ditingkatkan. Pasalnya, penyelenggaraan pesta demokrasi di tingkat desa dinilai bisa lebih rawan ketimbang pelaksanaan pilkada maupun pemilu.

Menurut Edwan, salah  seorang warga desa Peraduan Binjai yang bertugas sebagai saksi salah satu calon Kades dengan media ini mengatakan, pelaksanaan pilkades berbeda dengan pemilu lainnya. Selain cakupan wilayah yang lebih sempit, dari sisi kerawaan juga lebih tinggi, terutama calon yang bersaing ada 3 orang sehingga potensi pembelahan di tengah masyarakat desa setempat semakin besar.

Edwan : Keamanan Hari H Pilkades di Desa Peraduan Binjai Sepertinya Harus Ditingkatkan

Persaingan di pilkades hanya mempertemukan antar warga yang saling bertetangga. Hal inilah yang menjadi indikasi pelaksanaan bisa lebih panas. Oleh karena itu, Edwan meminta agar kemanan pada saat hari pelaksanaan pemilihan ditingkatkan. Kemudian, kepada para calon maupun para pendukung untuk bisa bersikap dewasa sehingga suasana tetap kondusif.

“Kalau prediksi saya situasi pada hari H Pilkades saat ini agak panas dibandingkan Pilkades sebelum-sebelumnya. Karena para pendukung calon rata-rata saya lihat masih banyak memegang prinsip fanatisme yang berlebihan,” ungkap Edwan, Senin (13/12/2021) di kediaman salah satu calon.

Edwan juga menuturkan, sering kita lihat dipenyelenggaraan pilkades sebelumnya sudah banyak kasus disaat penghitungan suara berakhir. Bahkan, kehidupan bermasyarakat pun belum bisa kembali menyatu karena adanya perbedaan pilihan.

“Harapan kita semoga tidak ada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Beda pandangan boleh, tapi setelah pilkades selesai semua harus bersatu lagi dan jangan terpecah. Sebab, para pemilih semuanya masih bersaudara dan bertetangga,” ujar Edwan.

Hal senada diungkapkan oleh Endang Estorina. Ia juga berharap agar keamanan pada pelaksanaan Pilkades ditingkatkan. “Saya juga berprediksi begitu, keamanan harus ditingkatkan. Kemudian, pihak kemanan harus tegas jika ada yang membawa senjata tajam disaat hari H Pilkades, bila perlu jebloskan kedalam Sel tahanan,” tutup Endang. (Ben)

Related posts

Dana PIP Cair, Ratusan Orang Tua Siswa Serbu BRI

Beni Irawan

Jelang Ramadhan, Polres Bengkulu Utara Sosialiasi Pencegahan Covid-19

Beni Irawan

DPRD Bengkulu Utara Koreksi RKA OPD 2019

Beni Irawan

Leave a Comment