Daerah Featured

Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Utara Rakor Dengar Arahan Presiden

Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Utara Rakor Dengar Arahan Presiden

Bengkulu Utara, GC – Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkulu Utara, mengikuti Rapat Kordinasi (Rakor) Kepala Daerah beserta Wakil Kepala Daerah hasil Pilkada serentak tahun 2020 sekaligus mendengarkan pengarahan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo secara virtual, Rabu (14/04/2021).

Rakor secara virtual yang berlangsung di ruang aula Pemda kantor Bupati tersebut, diikuti oleh Sekda dan Asisten bersama unsur Forkopimda daerah setempat. Diantaranya, Ketua DPRD Sonti Bakara,SH, Kapolres Bengkulu Utara AKBP Anton Setyo Hartanto, SIK, MH dan Kepala Kejaksaan Negeri Bengkulu Utara, Elwin Agustian Khahar,SH,MH.

Dalam arahan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo kepada Kepala Daerah terpilih menyampaikan, ia berharap kepada seluruh Kepala daerah dan Wakil Kepala Daerah yang telah dilantik memberikan kinerja terbaik, karena salah satu kunci pertumbuhan ekonomi nasional adalah pertumbuhan ekonomi daerah yang baik.

Jokowi : Sering ke Lapangan, Serta Melakukan Pengelolaan Anggaran Yang Baik

Lanjut Presiden, jabatan ini memiliki tanggung jawab yang besar. Tentunya setiap orang harus bekerja dengan kecepatan tinggi, tidak mudah puas, dan selalu melakukan cek dan kontrol setiap mengerjakan laporan.

“Sering terjun ke lapangan, serta wajib melakukan pengelolaan anggaran dengan baik,” ucap Presiden secara virtual dalam rakor yang diikuti oleh sebanyak 184 Kepala Daerah tersebut.

Selain itu Presiden Joko Widodo juga berharap agar tidak memperlambat ide investasi. Jika memperlambat investasi tentunya akan berdampak dalam memperlambat pertumbuhan ekonomi daerah. Jikalau ekonomi daerah tidak meningkat, begitu juga dengan investasi nasional. Sementara itu, Investasi juga memberikan income kepada negara, dimana 70 persen pemasukan negara berasal dari pajak.

“Kita harus dapat meningkatkan kuartal perekonomian negara dengan dukungan dari daerah serta provinsi. Semoga ekonomi kita bisa bangkit kembali dengan posisi normal dan baik,” kata Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.

Dalam rakor itu Presiden juga menyampaikan beberapa hal terkait pemulihan kesehatan dan ekonomi di masa pandemic Covid-19 saat ini. Sebab, saat ini pihak pemerintah daerah harus selalu melakukan pencegahan atau penanganan pasien Covid-19. Sehingga dengan demikian, kasus aktif Covid-19 dapat berkurang.

“Untuk itu pemerintah daerah harus selalu melakukan sosialisasi protokol kesehatan. Program vaksinasi – vaksinasi juga diharapkan terus berjalan dengan baik dan sasarannya jelas, termasuk pelayanan vaksin kepada lansia yang mulai berjalan,” imbuh Presiden.

Sementara pada sektor ekonomi, Kata Presiden RI. Eksekusi belanja daerah harus di perhatikan, terutama bansos sosial yang harus terus dilakukan pengawasan dalam pelaksanaannya. Hal-hal lain yang berkaitan dalam upaya meningkatkan pengelolaan anggaran dengan baik juga perlu ditegakkan. Salah satunya kinerja dan belanja aparatur negara harus lebih ideal. Untuk itu, setiap Kepala daerah dan Wakil Kepala daerah harus memiliki fokus pembangunan utama setiap tahunnya.

Usai pengarahan Presiden, acara kemudian dilanjutkan dengan pengarahan dari Menko Polhukam, Menko Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, Kepala BNPB, dan ditutup oleh pengarahan dari Mendagri Tito Karnavian. (Ben)

Related posts

Kepala DPM Bengkulu Utara Minta Bukti Jika Pemilik Billboard Ada Izin

Beni Irawan

Rapat Banggar DPRD BU dan TAPD Bahas Raperda APBD 2024

Beni Irawan

Anggaran Publikasi Kegiatan DPRD Bengkulu Utara Patut Dicurigakan

Beni Irawan

Leave a Comment