Daerah Featured

Bappeda Bengkulu Utara Rapat Internal Persiapan RKPD Tahun 2022

Bappeda Bengkulu Utara Rapat Internal Persiapan RKPD Tahun 2022

Bengkulu Utara, GC – Meskipun status para pejabatnya diduga belum jelas lantaran belum diterapkan Peraturan daerah (Perda) nomor 3 tahun 2020 tetang perubahan struktur OPD dari Bappeda menjadi Bapelitbang.

Namun, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkulu Utara, Selasa malam (2/2/2021) sekitar pukul 22.00 WIB masih tetap mengelar rapat internal dalam rangka kegiatan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2022.

Kepala Bappeda, Suharto Handayani saat dikonfirmasikan media ini mengatakan, tujuan rapat ini merupakan untuk memperoleh masukan dan saran serta informasi dari rekan-rekan kerja yang nantinya sebagai referensi untuk menentukan rencana tindak lanjut pelaksanaan kegiatan.

“Kita malam ini hanya rapat secara internal kegiatan untuk penyusunan RKPD tahun 2022,” ujar Suharto.

Selain itu, kata Suharto Handayani, rapat ini bertujuan untuk menyikapi kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di triwulan I tahun 2021. Mengingat triwulan I tahun 2021, Bappeda ditengah merebaknya wabah pandemi covid-19 telah melaksanakan beberapa kegiatan penting, diataranya persiapan konsultasi Publik Musrenbang, Musrenbang Kecamatan, Forum Gabungan Perangkat Daerah dan Musrenbang Tingkat Kabupaten serta penyusunan Ranwal RKPD tahun 2022.

Ada Beberapa tahapan Dalam Penyusunan RKPD

Kemudian Suharto Handayani juga mengatakan, terdapat beberapa tahapan penyusunan RKPD. Mulai dari persiapan penyusunan, konsultasi publik, penyusunan rancangan awal, penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA), serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

Suharto menambahkan, RKPD adalah dokumen perencanaan tahunan sebagai implementasi dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Di dalamnya berisi kerangka ekonomi, prioritas pembangunan, rencana kerja, dan anggaran yang digunakan dalam kurun waktu satu tahun.

“Kegiatan Musrenbang RKPD merupakan kegiatan rutin yang setiap tahun kita laksanakan, untuk itu diperlukan inovasi agar kegiatannya lebih menarik dan lebih baik lagi,” kata Suharto.

Rapat yang dipimpin langsung oleh kepala Bappeda Suharto Handayani tersebut, diselenggrakan di ruang Rapat Bappeda Kabupaten  Bengkulu Utara dan dihadiri Sekretaris BAPPEDA dan seluruh Kepala Bidang, Kepala Subbidang/sub bagian serta staf di Lingkup BAPPEDA setempat.

Setelah usai rapat. dari Pantauan awak media ini, para yang hadir dalam rapat setiap orangnya langsung mendapat jatah nasi kotak sembari mencicipi durian yang telah disediakan dalam kardus di ruang tamu kantor Bappeda. (Ben)

Related posts

491 Orang Tenaga Pendidikan BU,Beralih Ke Provinsi Bengkulu

Beni Irawan

Usai Kades Kepergok Istri, Sekarang Giliran Sekdesnya Diamuk Warga

Beni Irawan

Dua Rumah Warga Desa Suka Merindu Hangus Terbakar

Beni Irawan

Leave a Comment