Daerah Featured

HUT Padang Jaya ke 29, Ir.H.Mian Sosialiasi Prioritas Dana Desa TA 2021

HUT Padang Jaya ke 29, Ir.H.Mian Sosialiasi Prioritas Dana Desa TA 2021

Bengkulu Utara, GC – Bertepatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kecamatan Padang Jaya ke 29 tahun. Bupati Kabupaten Bengkulu Utara, Ir.H.Mian, mulai melakukan sosialisasi prioritas penggunaan dana desa Tahun Anggaran (TA) 2021 kepada seluruh Kepala Desa bersama Sekretaris desa dan BPD, Kamis (14/1/2021).

Bupati dalam sambutannya menekankan program skala nasional di tengah situasi pandemi covid 19 agar desa selaras dengan pemerintah kabupaten dan pemerintah pusat sesuai Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendes PDTT) nomor 13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun anggaran 2021.

“Desa harus melaksanakan tiga kegiatan utama skala nasional kegiatan aman covid-19, bantuan langsung tunai, pemulihan ekonomi melalui swakelola dan padat karya tunai desa”, tegas Ir.H.Mian.

“Pelaksanaan aman Covid-19 harus terus di sosialisasikan kepada masyarakat dengan mentaati tiga M yakni, mencuci tangan, memakai masker dan menghindari kerumunan agar terhindar dari terpapar virus mematikan itu,” ungkap Ir.H.Mian.

Ir.H.Mian : APBD 2021 Menurun Akibat Covid-19

Dengan adanya Covid-19  yang saat ini masih terus mewabah. Sehingga hal tersebut perlu juga diketahui, kata Bupati, bahwa APBD dan APBN tahun 2021 mengalami penurunan secara signifikan.

“Akibat dampak Covid-19 yang berkepanjangan, tentunya presiden dan pemerintah daerah memiliki daya pikir yang sama, bahwa kesehatan rakyat dan masyarakat yang paling diutamakan,” kata Ir.H.Mian.

“Mari kita samakan persepsi, karena tahun 2021 APBD kita sangat kecil. Perlu kita ketahui, bahwa tahun 2021 modal dasar untuk ifrastruktur saja hanya Rp 67 Miliar dan hal itu harus kita maklumi. Maka perlu juga saya sampaikan, kita harus mendahului hal yang lebih penting,” tutup Ir.H.Mian.

Dipenghujung acara yang berlangsung di ADC Padang jaya tersebut, Bupati juga membuka sesi tanya jawab kepada seluruh yang hadir terkait prioritas penggunaan dana desa tahun 2021. Setelah itu, Bupati Ir.H.Mian, langsung melakukan pemotongan tumpeng HUT Padang Jaya ke 29.

Kemudian dari Pantauan media ini, selain pihak OPD yang terkait. Dalam acara sosialiasi hadir juga Asisten 1, Camat kecamatan Padang Jaya, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (UFKPD) Kabupaten Bengkulu Utara dan para tamu undangan lainnya. (Ben/Adv)

Related posts

Bupati Bengkulu Utara Sampaikan Nota Pengantar 2 Raperda

Beni Irawan

Program Replanting Sawit di Bengkulu Utara Menuai Banyak Masalah

Beni Irawan

Lagi-lagi Pemkab Bengkulu Utara Pangkas Anggaran SKPD

Beni Irawan

Leave a Comment