Daerah Featured

Sekdes : Data Warga Penerima Bantuan Itu Ada di Kecamatan

Sekdes : Data Warga Penerima Bantuan Itu Ada di Kecamatan

Bengkulu Utara, GC – Sejumlah warga Desa Talang Rendah, Kecamatan Hulu Palik, Kabupaten Bengkulu Utara, protes soal proses penyaluran bansos  pandemi Covid-19. Sebab,Pemerintah Desa setempat dinilai kurang transparan lantaran tak mengumumkan nama-nama warga penerima bantuan.

“Kalau data warga penerima bantuan itu ada di kecamatan,” ujar Edi selaku Sekretaris Desa (Sekdes) dengan awak media ini, Kamis (21/05/2020) di Kediamannya.

Pantauan di lokasi, ternyata memang tak seperti penyaluran bantuan di desa-desa lainnya. Karena, di kantor Desa Talang Rendah tidak ada pajangan daftar nama-nama warga penerima bantuan. Baik itu berupa daftar penerima bantuak PKH, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Program JPS dan Bantuan BLT senilai Rp 600 ribu per Bulan.

“Kalau yang mendapatkan BLT Rp 600 ribu dari DD sebanyak 53 KK. Sekali lagi saya katakan, kalau data warga penerima bantuan itu ada di Kecamatan. Kemudian untuk apa dipajangkan, warga kan jelas tahu siapa-siapa yang dapat bantuan,” jelas Sekdes.

Sementara, Instruksi Presiden RI Joko Widodo telah menekankan, agar tidak timbul kecurigaan masyarakat ditengah pandemi Covid-19 saat ini, maka data penerima bansos dan BLT dari DD harus transparan.

Selain itu, Menteri Sosial dalam hal ini juga menyatakan, banyaknya keluhan terkait distribusi bantuan sosial sembako dan dana tunai untuk masyarakat terdampak Covid-19 membuat Kementerian Sosial terus berupaya mencari cara agar bantuan tersebut benar-benar tepat sasaran. Data adalah kunci dari penyelesaian masalah tersebut.

Untuk memastikan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 benar-benar menerima bantuan sosial sembako dan dana tunai yang disalurkan pemerintah, selain akan membuka data penerima bantuan sosial, Menteri Sosial Jualiari P Batubara juga meminta kepada pemerintah daerah yang mendapat alokasi bantuan sosial membuka secara transparan daftar penerima bansos. (Ben)

Related posts

HUT RI Ke-78, DPRD BU Gelar Paripurna Dengar Pidato Presiden

Beni Irawan

Lurah GA Bantah Kasat Reskrim Mengatakan Mangkir Dari Panggilan

Beni Irawan

Anggaran Baru Terserap 30% Namun Kondisi Fisik Sudah Mencapai 62% Lebih

Beni Irawan

Leave a Comment