Daerah Featured

Pansus Covid-19 BU Diminta Segera Sampaikan Rekom ke APH

Pansus Covid-19 BU Diminta Segera Sampaikan Rekom ke APH

Bengkulu Utara, GC – Terkait temuan Pansus Covid-19 DPRD Bengkulu Utara (BU) terhadap anggaran BTT penanggulangan Virus Corona di Dinas Kominfo yang digunakan untuk pembelian peralatan kantor berupa Laptop, TV LED, Genset, Smart Phone Sim Card, Kabel Internet dan Kartu Internet Prabayar. Pihak Pansus diminta segera menyampaikan rekomendasi temuan tersebut, ke Aparat Penegak Hukum (APH).

Hal ini disampaikan oleh Syarius Syarkawi, selaku mantan anggota DPRD Periode 2004-2009 yang saat ini juga selaku ketua harian Forum Masyarakat Rejang (FMR) Kabupaten Bengkulu Utara, dengan media ini di kediamannya, Minggu (26/4/2020).

“Sesuai Instruksi Mendagri RI nomor 1 Tahun 2020 tentang percepatan penanganan Covid-19 di lingkungan Pemerintah Daerah, tidak ada yang menerangkan untuk pembelian peralatan kantor berupa Laptop, Genset dan pembelanjaan dekorasi. Begitu pula dengan SKB dua Menteri nomor 119/2613/SJ nomor 117/KMK/07/2020 dan SE Mendagri nomor 440/2622/SJ,” terang Sayrius.

Lanjut Syarius, dalam beberapa aturan tersebut diatas. Artinya Dinas Kominfo Kabupaten Bengkulu Utara membelanjakan anggaran BTT Covid-19 tidak sesuai aturan. Sehingga dengan adanya beberapa temuan tersebut, pihak Pansus  diminta secepatnya menyampaikan dengan aparat penegak hukum untuk segera ditindaklanjuti. Dengan demikian, maka Pansus Covid-19 yang dibentuk oleh DPRD tidak dianggap main-main oleh rakyat dan pihak eksekutif.

“Untuk tahap pertama ini, kita berharap Pansus segera menyampai temuannya itu. Agar pihak Eksekutif dan kalangan masyarakat menilai kinerja Pansus tidak hanya gertak sambal saja. Contohnya yang saya baca berita malam tadi, Pihak Pansus tidak dikabari adanya pemangkasan tahap kedua. Itu artinya secara tidak langsung sudah menyepelekan kinerja Pansus,” terang Syarius Syarkawi.

APD Tim Medis RSUD Arga Makmur Dinilai Tidak Standar

Selain itu Syarius juga mengatakan, dengan adanya bencana wabah Virus Corona. Dirinya berharap agar pihak pemerintah daerah juga memprioritaskan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tim medis di Rumah Sakit Umum Rujukan kota Arga Makmur sesuai standar.s

“Saya sebenar miris melihat tim medis di RSUD Rujukan di Arga Makmur yang APD nya menggunakan Jas Hujan, Sarung tangan Pelastik dan sepatu boot untuk orang ke kebun. Ini Pandemi virus corona lo, jadi saya berharap pihak pemerintah jangan main-main dengan hal ini,” Pungkas Syarius Syarkawi. (Ben)

Related posts

Bupati BU Serahkan Satu Buah Mobil Operasional Dandim

Beni Irawan

Soal Proyek Tabat, Kontraktor Sebut Kadis PUPR Pembohongan Publik

Beni Irawan

Pansus Covid-19 Panggil Dinsos Soal Penyaluran 44 Ribu Sembako

Beni Irawan

Leave a Comment