Advetorial Daerah

Pemkab Bengkulu Utara Bimtek Penyusunan LKPD Berbasis Akrual

Pemkab Bengkulu Utara Bimtek Penyusunan LKPD Berbasis Akrual
Sekda Haryadi, Bupati Mian, Kepala BPKP Iskandar Novianto, Kepala BPKAD Fitriansyah

Bengkulu Utara, GC Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara Melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) menggelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah berbasis akrual dengan Simda keuangan, (Kamis (28/11/2019).

Kegiatan yang berlangsung di ruang pola setdakab Bengkulu Utara tersebut, bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Bengkulu.

“Pertama kita mengucapakan syukur pada kepala BPKP yang baru yang bisa hadir langsung dan silaturahmi ke sini, serta memberikan bimbingan dan arahan dalam laporan keuangan yang lebih baik lagi,” ungkap Bupati Bengkulu Utara, Ir.H.Mian.

Bupati juga mengatakan, laporan berbasis akrual menyediakan informasi yang lebih lengkap bagi pemerintah untuk pengambilan keputusan, mereformasi sistem anggaran belanja (apropriasi) dan dapat mencapai transparansi yang lebih luas atas biaya pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah.

“Penerapan standar akuntansi pemerintah (SAP) berbasis akural juga bermanfaat untuk menyediakan gambaran yang utuh atas posisi keuangan pemerintah, menunjukkan bagaimana aktivitas pemerintah dibiayai dan bagaimana pemerintah dapat memenuhi kebutuhan kasnya, meningkatkan daya pengelolaan anggaran, aset dan kewajiban pemerintah,”terang Mian.

Laporan Berbasis Akrual Sangat Familiar Bagi Banyak Orang

Bupati menambahkan, laporan berbasis akrual sangat familiar bagi lebih banyak orang dan lebih komprehensif dalam penyajian informasinya, menyediakan data yang lebih meningkat ketika pemerintah melakukan kegiatan perencanaan dan pengambilan keputusan ekonomi dan statistik keuangan pemerintah (GFS) yang dipraktekan secara internasional berbasis akrual.

”Saya sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini. Sebab, dengan adanya penerapan sitem ini nantinya, kita masih dapat mempertahankan penilaian WTP atas laporan keuangan pemerintah daerah yang sebanyak 3 kali berturut-turut kita perolaeh, terhitung mulai dari 2016 hingga 2018,” ujar Mian.

Bupati juga menjelaskan, tujuan dari pelaksanaan bimtek tersebut adalah untuk mewujudkan pelaksanaan kegiatan akuntansi pada masing-masing perangkat daerah Pemkab Bengkulu Utara, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2013 tentang penerapan standar akutansi pemerintah berbasis akrual pada Pemerintah Daerah.

“Materi yang disampaikan selama pelaksanaan bimbingan teknis ini yakni, gambaran umum akuntansi pemerintah daerah berbasis akrual, sistem dan prosedur akutansi pemerintah daerah berbasis akrual, bagan akun standar (BAS), jurnal standar, pengantar SIMDA serta substansi simda keuangan,” tutup Mian (Ben/ADV)

Related posts

Penggunaan ADD dan DD Desa Durian Daun Berbau KKN

Beni Irawan

Kajari Bengkulu Utara dan Kepala Bapenda Bantah Tudingan Resi

Beni Irawan

7 Fraksi DPRD Bengkulu Utara Sepakat Setujui Raperda APBD-P 2019

Beni Irawan

Leave a Comment