Daerah

Bidan Bantah Tudingan Warga Tolak Bantu Melahirkan

Bengkulu Utara, GC – Bidan Puskesmas Kelurahan Gunung Alam, Kecamatan Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, Membantah atas tudingan warga yang mengatakan tidak mau membantu jika ada warga yang melahirkan, Sabtu (23/2/2019).

Dari pengakuan bidan berinisial SLV saat dikonfirmasikan oleh media ini di ruang kerjanya mengatakan, terhadap warga kelurahan gunung alam yang telah melahirkan. Pihaknya sudah melakukan tindakan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan standar aturan yang berlaku serta sesuai etika medis yang telah ditentukan.

“Masalah warga yang melahirkan itu, sudah kita bantu sesuai dengan tahapan SOP. Bahkan, pada saat kami datang ketempatnya, malah kami sempat di usir mereka. Kemarahan mereka itu lantaran kami bilang agar ibu yang melahirkan itu di beri Vaksin. Kemudian Vaksin itu silahkan mereka beli sendiri dengan harga senilai 3 juta. Tapi mereka beranggapan lain terhadap kami,”terang Bidan.

Lanjut Bidan SLV, sebenarnya mulai dari salah seorang warga itu masih dalam keadaan hamil. Warga yang telah melahirkan itu selalu rutin melakukan pengecekan dengan bidan desa dan bidan yang bertugas di puskesmas Gunung Alam. Namun sayangnya, pada saat dia melahirkan, kata Bidan SLV. Warga langsung saja meminta bantuan kepada dukun beranak, dan tidak memberitahukan kepada petugas atau bidan setempat terlebih dahulu.

“Warga itu sudah dua hari melahirkan. Seharusnya sewaktu hari dia melahirkan itu, langsung memberikan kabar dengan kami, tapi malah mereka meminta bantuan kepada dukun beranak,”kata Bidan.

Dari Hasil LAB, Ibu Yang Melahirkan Itu Memang Mengidap Penyakit Hipatitis

Selain itu Bidan SLV juga mengaku, dari hasil pengecekan rutin pihak petugas kesehatan puskesmas Gunung Alam terhadap salah seorang warga yang melahirkan itu sebelumnya. Memang warga yang telah melahirkan tersebut, jelas-jelas mengidap penyakit menular, yaitu sejenis penyakit Hipatitis. Atau sering orang bilang Liver atau penyakit Kuning.

“Memang kami memberi saran dengan mereka, agar sebelum melahirkan mereka membawa ibu itu kerumah sakit, karena dari hasil LAB pihak petugas kesehatan, ibu itu jelas-jelas mengidap penyakit menular. Yakni mengidap penyakitnya Hipatitis,”Tutup Bidan. (Ben)

Baca : Miris..Bidan Puskesmas Gunung Alam Tolak Bantu Warga Melahirkan

Related posts

Tidak Kuorum, Hearing Bahas LKPJ Bupati 2022 Diskor

Beni Irawan

Dalam Waktu Dekat,Polres BU,Panggil Panitia Lomba Song

Beni Irawan

24 Pejabat Eselon II Pemkab Bengkulu Utara Uji Kompetensi

Beni Irawan

Leave a Comment