Daerah

Maharaja Diraja :”Ritual Ogoh-Ogoh Untuk Mengusir Roh Jahat”

Bengkulu Utara,(GC) – Ramainya umat hindu di Desa Rama Agung kecamtan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara, kamis (15/3/2018) mengelar acara ritual ogoh-ogoh. Ritual ini dilakukan bertujuan untuk mengusir roh-roh jahat.

Seperti yang dikatakan oleh Imron Rosyadi sebagai maharaja diraja masyarakat bali yang beragama hindu di desa rama agung denga wartawan media ini menuturkan, pawai acara ogoh-ogoh yang dilaksanakan satu tahun sekali, tepatnya menjelang perayaan nyepi ini, sangatlah bermakna.

“Selain untuk mengusir roh jahat, ritual ini juga bertujuan agar roh-roh jahat tidak mengganggu kehidupan  umat hindu sekaligus penyucian diri umat hindu,”terang Imron dengan awak media saat menghadiri pembukaan acara ogoh-ogoh di halaman pura.

Selain itu, Imron juga berharap, acara ritual ogoh-ogoh yang dilaksanakan setiap tahun ini sebaiknya terus ditingkatkan, sebab, selain mengusir roh jahat, acara ini mengedapankan nilai-nilai moral, aspek budaya dan juga wahana kebersamaan dengan umat beragama lainnya yang ada di kecamatan kota arga makmur khususnya di desa rama agung.

“Sebagai raja balinya disini yang bergelar maharaja diraja, saya suka tidak suka setiap acara ogoh-ogoh ini saya harus hadir, kemudian saya sangat berharap acara ini kedepannya terus ditingkatkan,” tutup Imron.(Ben)

Related posts

Cabuli Teman Adiknya, Pemuda Padang Bendar Dibekuk Polisi

Beni Irawan

TNI POLRI Patroli Gabungan, Malam Tahun Baru di Bengkulu Utara Aman

Beni Irawan

3 Bakal Calon Kades Peraduan Binjai Siap Bertarung

Beni Irawan

Leave a Comment